Tips dan Cara Mencuci Baju Dengan Baik dan Benar Agar Baju Tahan Lama


Pencucian yang kurang tepat bisa membuat baju kesayangan kamu memudar warnanya. Biasanya baju, terutama kaus berwarna hitam, navy, atau yang berpalet gelap lebih cepat terlihat pudar sehingga membuat penampilan berbusana terlihat kurang menarik.

Cara mencuci yang benar bisa mencegah warna baju cepat pudar. Bagaimana langkah-langkahnya? Berikut delapan cara mencuci baju di mesin cuci agar warna baju kamu tahan lama, seperti dikutip dari How Stuff Works.

1. Selalu Lihat Instruksi

Label atau tag yang menempel pada baju bukan hanya pajangan semata. Tapi juga terdapat instruksi pencucian. Sebaiknya kamu mengikuti instruksi bagaimana mencuci yang benar sesuai bahan baju, agar warnanya tidak cepat pudar.

2. Cuci dengan Air Dingin atau Suhu Ruangan

Mencuci dengan air dingin akan membantu warna baju kamu lebih tahan lama dan tidak cepat pudar. Air hangat atau panas bisa merusak serat kain sehingga warna baju jadi pudar.

3. Pisahkan Cucian

Sortir pakaian sebelum dicuci berdasarkan warna. Cuci pakaian berwarna gelap bersama yang gelap juga, sementara warna terang dengan terang. Selain mencegah baju berwarna gelap dan solid melunturi pakaian warna terang, langkah mencuci yang benar ini juga membuat warna baju tahan lama.

4. Perhatikan Kecepatan Putaran Mesin Cuci

Kalau baju kamu tidak terlalu kotor, maka cara mencuci yang benar adalah jangan menggunakan kecepatan putaran maksimal di mesin cuci. Terlalu sering mencuci dengan kecepatan maksimal akan membuat bahan baju cepat rusak dan warnanya lebih cepat pudar.

5. Lewati Pengeringan Jika Tak Terlalu Perlu

Sebisa mungkin hindari mengeringkan pakaian dengan mesin cuci. Proses memeras air pada tabung pengeringan di mesin cuci akan membuat permukaan bahan jadi kasar, yang akibatnya warna baju terlihat pudar, padahal sebenarnya tidak. Mengeringkan pakaian di bawah sinar matahari akan lebih bersahabat bagi kain.

6. Jangan Terlalu Sering Dicuci

Makin sering dicuci, warna baju akan semakin cepat pudar. Jika kamu memakai salah satu baju hanya beberapa jam, jangan langsung menaruhnya di ranjang pakaian kotor untuk dicuci. Baju yang tidak terkena noda, kotoran atau keringat berlebihan masih aman dipakai kembali tanpa dicuci terlebih dahulu. Cukup gantung pakaian dan angin-anginkan, atau dijemur sebentar.

7. Balik Baju Saat Dicuci

Membalik baju sehingga bagian dalamnya jadi di luar adalah cara mencuci yang benar untuk mencegah warnanya pudar. Bagian kain yang selalu berada di luar saat dicuci, biasanya akan lebih cepat memudar. Maka dari itu jika hanya bagian dalam yang pudar tidak akan terlihat ketika dipakai.

8. Tambahkan Pelembut Kain

Cara mencuci baju yang benar agar tidak cepat pudar adalah menambahkan pelembut kain sebelum dicuci. Cairan pelembut akan melumasi serat kain sehingga tak cepat rusak dan memudar.
___
Sumber tulisan :
https://wolipop.detik.com/home/d-4205800/8-cara-mencuci-yang-benar-agar-warna-baju-tidak-cepat-pudar
Share:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar atau sekedar bertanya :) Jika ada komentar atau masukan silahkan diutarakan!

Good reader will give good comment :)

Designed by OddThemes | Distributed by Blogger Themes