Mengenal Lebih Jauh Karakteristik Sablon Rubber, Plastisol dan Glow in the Dark

Mengenal Lebih Jauh Karakteristik Sablon Rubber, Plastisol dan Glow in the Dark

Hal terpenting ketika ingin membeli baju dengan kualitas terbaik atau ingin membuka jasa sablon baju adalah kamu wajib mengetahui jenis sablon kaos dan karakteristiknya. Dengan mengetahui jenis sablon kamu bisa lebih mudah membuat perbandingan dalam hal ketahanan, keawetan, dan bagaimana perawatan yang tepat untuk masing-masing jenis cat sablon. Berikut beberapa  jenis sablon kaos yang bagus beserta karakteristiknya:

Sablon Rubber

Sablon Rubber adalah salah satu yang paling banyak digunakan oleh para pecinta kaos di tanah air, yang tentunya bukan tanpa alasan, dan bahkan sering dianggap sebagai jenis sablon kaos yang cukup baik dikarenakan karakteristik-karakteristik yang dimilikinya.

Nama lain yang umum digunakan untuk jenis sablon kaos yang satu ini juga beragam, seperti misalnya ada beberapa yang lebih familiar dengan menyebutnya sablon Pasta, kemudian ada juga yang menyebutnya tinta GL, sablon karet (sesuai dengan arti harfiah dari kata “rubber”), dan ada juga yang menyebutnya dengan nama sablon karet GL.

Tekstur cat sablon rubber seperti karet, apabila bahan kain kamu tarik dan renggangkan, disain pada kaos akan ikut tertarik atau melar dan akan kembali kebentuk asli apabila dilepas. cat sablon Rubber digunakan secara khusus untuk sablon pada kain gelap. Digunakan untuk kain gelap karena tinta rubber ini memiliki sifat yang pekat sehingga dapat menutup permukaan kain dengan baik.

Sablon Rubber yang berbahan dasar air ini memiliki varian tinta warna yang beragam, dan juga bisa digunakan pada kaos dengan warna bahan gelap atau bahkan hitam, cepat kering, serta memiliki tingkat elastisitas yang tinggi apabila dibandingkan dengan cat sablon lainnya.

Sablon Rubber bisa digunakan pada sebagian besar jenis bahan kaos, termasuk yang paling umum digunakan oleh para pemilik distro yaitu bahan Cotton Combed, baik yang 20s, 30s, ataupun untuk yang 40s.

Tentunya jenis cat sablon ini bukannya tanpa kelemahan ya, dan terutama kelemahan ini akan dirasakan oleh para produsen kaos ataupun yang melakukan proses penyablonan, karena tinta sablon Rubber ini akan mudah menimbulkan kerak pada screen yang digunakan oleh para tukang sablon serta menghasilkan limbah yang lebih besar apabila dibandingkan dengan tinta sablon

Sablon Plastisol

Sablon Plastisol merupakan jenis sablon sama seperti sablon Rubber, juga termasuk ke dalam yang banyak digunakan oleh para pemilik distro, dan bahkan disebut juga sebagai tinta sablon dengan standar internasional karena sangat sering dipakai oleh pemain industri konveksi di berbagai belahan dunia.

Bukan tanpa alasan para pemain kaos di seluruh dunia menggunakan jenis sablon kaos yang satu ini, karena memang adanya kelebihan pada sablon Plastisol apabila dibandingkan dengan tinta lainnya seperti kualitas warna yang dihasilkan lebih terang, serta awet dan menempel dengan baik pada bahan kaos sehingga tidak mudah lepas.

Kelamahan yang umum ditemukan dari sablon Plastisol ini adalah biaya tintanya yang mahal, dan juga akan sangat mudah lepas apabila terkena panas dari mesin setrika sehingga perlu berhati-hati saat menyetrika kaos yang memiliki sablon tersebut.

Glow in the Dark

Sesuai dengan namanya, cat sablon Glow in the Dark adalah jenis sablon yang memiliki satu ciri khas nya sendiri, yaitu mampu terlihat menyala apabila di dalam ruangan gelap atau saat sedang berada di area yang minim cahaya.

cat sablon ini juga mampu untuk diaplikasikan pada warna bahan kaos apapun dan tidak terbatas warna cerah atau gelap saja, asalkan pada penerapannya diberikan lapisan tinta sablon putih terlebih dahulu.

Sayangnya sablon Glow in the Dark ini memerlukan perhatian khusus terutama pada saat dicuci ataupun disetrika, karena lapisan fosfor yang menyebabkan sablon menyala sangat mudah untuk luntur dan juga hasil sablonnya terasa lebih tebal dibandingkan lainnya.
Share:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar atau sekedar bertanya :) Jika ada komentar atau masukan silahkan diutarakan!

Good reader will give good comment :)

Designed by OddThemes | Distributed by Blogger Themes